Contoh Latar Belakang Kuliah Kerja Praktik ( KKP ) Bab 1

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
             Sistem informasi yang baik akan membuat kinerja suatu instansi akan terlaksana dengan baik dan dapat menangani berbagai pengolahan data dengan menggunakan teknologi informasi dengan lebih cepat dan akurat. Adanya sistem informasi yang tepat dan akurat dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan sehingga dapat meningkatkan kinerja operasionalnya.
Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada” Mataram, merupakan sebuah Perguruan Tinggi kesehatan yang baru berkembang, tepatnya pada tahun 2009 telah mendapatkan izin penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada” Mataram, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.157/D/O/2009 tanggal 25 September 2009. Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada” Mataram belum memilki sistem informasi yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik, artinya semua sistem yang dijalankan masih bersifat semi komputer yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel, dan sebagian besar arus informasi menggunakan sistem manual. Adanya sistem pengolahan informasi secara manual ini memiliki dampak yang kurang baik terhadap kualitas dan efektifitas informasi yang ada, mulai dari kemungkinan adanya redudansi data (pengulangan data), proses yang lama dan arsip yang tersimpan kurang baik.
Berdasarkan dari permasalahan tersebut, Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada” Mataram sangat membutuhkan sistem informasi yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan informasi dan kegiatan akademik secara terintegrasi dengan baik, dimana dalam hal ini penulis akan membangun Sistem Informasi Akademik pada Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada” Mataram dalam pelaksanaan KKP penulis.
Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkannya. (Jogiyanto, 1990)
Sedangkan fungsi yang diharapkan dari Sistem Informasi Akademik ini adalah untuk memudahkan para penggunanya dalam memperoleh informasi yang diinginkan serta mempercepat dan mempermudah proses kegiatan akademik yang ada ada Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada” Mataram.

B.    Tujuan
            Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan KKP adalah untuk membangun Sistem Informasi Akademik pada Politeknik Kesehatan “Medica Farma Husada”  Mataram.

C.   Manfaat
Adapun manfaat yang ingin diperoleh antara lain :
1.   Supaya dapat menjadi sarana untuk memperoleh pengalaman dalam menghadapi dunia kerja.
2.   Supaya dapat melatih diri untuk disiplin, mandiri dan tanggung jawab dikemudian hari.
3.   Supaya Politeknik Kesehatan Medica Farma Husada lebih mudah dalam proses belajar mengajar dalam penggunaan Lab Komputer.

D.    Sistematika Penulisan Laporan KKP
        Bab I        : Pendahuluan
Membahas mengenai latar belakang, tujuan, manfaat, hasil yang diharapkan, lokasi kerja praktek, serta sistematika penulisan laporan kerja praktek
Bab II       : Profil Politeknik Kesehatan Medica Farma Husada Mataram
Memaparkan profil Politeknik Kesehatan Medica Farma Husada Mataram
Bab III      : Deskripsi Tugas
Membahas deskripsi tugas KKP yang telah dilaksanakan di Politeknik Kesehatan Medica Farma Husada Mataram.
Bab IV     : Paparan Tugas
Membahas mengenai tugas-tugas yang penulis kerjakan selama melaksanakan kegiatan KKP di Medica Farma Husada Mataram.
Bab V      :  Penutup
Memberikan kesimpulan dan saran atas seluruh pelaksanaan kuliah kerja praktek di Medica Farma Husada Mataram.